4 Kecamatan di Aceh Selatan capai Target Nasional Kepemilikan Akte Kelahiran Tahun 2021

Kategori : INFORMASI Senin, 02 Agustus 2021

Tapaktuan -- Amanat Undang-Undang 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan setiap warga negara memiliki hak untuk memperoleh Dokumen Kependudukan. Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil setiap Tahun memberikan target dan capaian dokumen kependudukan bagi seluruh Kabupaten/Kota. Untuk Tahun 2021 sendiri, target untuk dokumen kependudukan seperti KTP ditetapkan sebesar 98%, KIA (Kartu Identitas Anak) sebesar 30% dan Akte Kelahiran untuk usia tergolong kategori anak (0-18 Tahun) sebesar 95% dan hal tersebut menjadi syarat mutlak yang harus dicapai oleh seluruh Kabupaten/Kota melalui Dinas Dukcapil yang bertugas sebagai leading sector Pemerintah Daerah terkait urusan Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Tentunya ini merupakan hal yang tidak mudah selain faktor non teknis seperti jarak, wilayah serta demografi, pihak Dukcapil Aceh Selatan juga dibatasi oleh kondisi pandemi yang sedang melanda yang mengharuskan aksi, mobilitas serta pergerakan yang sedikit terbatas.

Melalui instruksi Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menyebutkan, Disdukcapil Aceh Selatan harus melakukan berbagai terobosan, inovasi serta sinergitas dengan stakeholder terkait agar pencapaian target yang dibebankan dapat terpenuhi secara maksimal, dan juga yang paling penting arahan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan tetap harus diutamakan karena pihak Dukcapil tentunya berhubungan langsung dengan masyarakat sehingga anjuran Pemerintah terkait prokes harus tetap diutamakan.

Syukur Alhamdulillah laporan semester I medio Juli 2021 capaian Kab Aceh Selatan terkait dokumen kependudukan sudah berada pada jalur yang diharapkan, untuk Bidang Pendaftaran Penduduk kepemilikan KTP berada di kisaran 95,57% (160.756 jiwa), bahkan untuk KIA sendiri sudah melebihi target nasional 30% yaitu sebesar 40,64% (27.065 jiwa). Untuk Bidang Pencatatan Sipil, capaian Akte Kelahiran berada di kisaran 92,26% (68.648 jiwa) dimana capaian awal 2021 “hanya” sebesar 83% artinya mengalami progress yang signifikan kenaikan hampir 10% dalam waktu optimal 5 bulan sejak Maret 2021 – Juli 2021. Selain itu sejak diberlakukannya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) berbasis online di Aceh Selatan, untuk pertamakalinya terdapat Kecamatan yang berhasil mencapai target nasional Akte Kelahiran usia kategori anak pada Laporan Juli 2021, yaitu Kecamatan Samadua (97,10%), Kecamatan Kluet Timur (96,79%), Kecamatan Labuhan Haji Timur (95,97%), dan Kecamatan Sawang (95,17%) dan ini tentunya suatu pencapaian yang maksimal dari stakeholder terkait seperti Pihak Kecamatan dan Pemerintah Gampong terutama PRG (Petugas Registrasi Gampong) yang menjadi ujung tombak terkait administrasi kependudukan di tingkat gampong.

Semoga capaian ini bisa menjadi ransangan bagi Kecamatan lain untuk bersama-sama dengan pihak Dukcapil untuk bisa meningkatkan layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat, sehingga tidak ada lagi penduduk Aceh Selatan yang tidak memiliki Dokumen Kependudukan dan capaian target Nasional yang ditetapkan Pemerintah Pusat dapat diperoleh secara optimal. (Dny)

 Salam DUKCAPIL, BISA!!!!!!!

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32